Waspada! Smartphone Android Dapat Diretas dengan SMS!

News By

Belum lama ini seorang peneliti asal perusahaan Zimperium zLabs bernama Joshua J. Drake dikabarkan telah berhasil menemukan celah keamanan atau yang biasa disebut degan bug yang dapat mengancam pengguna smartphone android dan juga tablet android. Dalam penelitian yang ia lakukan, Drake menyatakan bahwasanya 95% dari seluruh perangkat dengan sistem operasi Android yang saat ini beredar akan berhasil diretas dengan begitu mudahnya dengan bug yang ia temukan tersebut.

Menurut hasil penelitiannya, Drake bahkan menyatakan bahwa hanya dengan satu sms saja, bug tersebut dapat berhasil meretas ponsel atau tablet android. Seperti yang dilansir Forbes pada Sabtu, 8 Agustus 2015, bug yang ditemukan Drake tersebut disebut dengan nama ‘Stagefright’ dan tertanam di media libraries pada perangkat Android. Bug tersebut umumnya berfungsi sebagai pembaca file seperti PDF. Dengan adanya bug tersebut, hacker dapat memanfaatkannya sebagai media transfer malware jahat mereka.

Hal yang paling mencengangkan dalam hal ini adalah tidak perlu adanya interaksi dengan pengguna untuk memasukan malware tersebut ke smartphone android. Artinya jika kebanyakan malware dapat menyusup karena adanya klik yang dilakukan pengguna, dalam kasus ini, tidak perlu adanya interaksi semacam itu untuk menyusupkan malware melalui bug ini. Disini, hacker hanya harus mengirim sms dan malware jahat yang memanfaatkan Stagefright akan dengan mudahnya menyusup.

Lalu, bagaimana dengan sikap Google menanggapi mengenai hal ini? Beberapa waktu lalu pada konferensi keamanan cyber, Adrian Ludwig selaku kepala tim insinyur dari Android mengungkapkan bahwa pihak Google sendiri telah bersiap dengan update terbaru untuk sistem operasi mereka tersebut dengan perbaikan untuk bug Stagefright tersebut.

 

Bahkan telah dilakukan uji coba pada perangkat Nexus perihal update tersebut. Dan hasil dari uji coba tersebut diperkirakan membawa angin segar bagi perangkat android. Selanjutnya, berbagai smartphone android yang saat ini populer seperti Sony Xperisa Z2, Samsung Galaxy S6, HTC One M series,  LG G series dan tak ketinggalan ponsel pintar Android One juga akan memperoleh update androidnya di Agustus ini.


loading...