10 Virus Paling Berbahaya Bagi Smartphone Android

News By

Ketika kita mendengar kata "Virus", pasti angan-angan kita langsung tertuju dengan hal-hal yang berbau komputer. Ya tentu saja, karena Pertama kali munculnya komputer merupakan sejarah dari lahirnya perkembangan virus. Munculnya sejarah virus yaitu bermula pada tahun 1960 laboratorium komputer raksasa di dunia yaitu AT&T Bell Laboratory. Pada mulanya, para ilmuwan komputer yang bekerja di laboratorium komputer tersebut membuat sebuah permainan yang disebut dengan Perang Program atau Core War. Peraturan dari Core War itu sendiri adalah membuat suatu program yang dibuat guna menyerang, memperbaiki dan bahkan memusnahkan. Sebenarnya virus termasuk sebuah program/software, namun virus diciptakan untuk hal-hal yang berdampak merugikan. Pada era dulu memang virus hanya dapat bekerja di komputer, karena memang diciptakan untuk bekerja di OS yang bisa terinstall dikomputer tentunya. Namun seiring dari perkembangannya, akhir-akhir ini banyak dijumpai keluhan-keluhan pengguna  Smartphone yang mengaku terserang virus, ntah itu hanya sekedar memperlambat kinerja smartphone atau bahkan sampai mampu mencuri data-data pribadi seperti dokumen, foto dan masih banyak lagi.

android-virus.jpg

Android, sebuah perangkat lunak yang berkembang dari tahun 2005 ini memang sangat digemari oleh para penggunanya, terbukti dengan tercatatnya Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara yang warganya terbanyak menggunakan Android. Totalnya yakni pengguna 41 juta pengguna atau pangsa pasarnya 94 persen. Sementara iOS di Indonesia hanya digunakan 2,8 juta pengguna atau 6 persen. Karena semakin banyaknya pengguna Android sekarang inilah yang menjadikan smartphone berbasis Android menjadi incaran para pembuat program jahat atau yang sering kita sebut dengan "virus". Pengguna Android pasti merasa kesal atau risih ketika sedang menggunakan Smarphone Androidnya tiba-tiba muncul peringatan, iklan dan yang lebih parahnya Android anda tidak bisa digunakan karena serangan virus tersebut. Berikut kami ulas beberapa nama virus yang sangat berbahaya bagi Android.

 

1. Engriks

waspada-virus-android-baru-bisa-menyeran

Virus ini biasanya menginveksi Android anda melalui situs-situs ilegal yang sedang anda akses. Jika sudah terinfeksi virus ini biasanya akan muncul peringatan peringatan aneh seperti "Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped" di Smartphone anda. Smartphone anda akan terus menampilkan peringatan-peringatan aneh yang aneh saat digunakan seperti Monkey Test has stopped atau yang lainnya. Satu-satunya cara untuk menghilangkan virus ini adalah dengan Flash ulang Android anda.

 

2. Cyber Police

Cara kerja Virus ini  hampir sama dengan  Engriks. Namun parahnya, kalau virus yang satu ini sudah bekerja di Android anda, maka siap-siap saja kalu Smartphone android anda akan dikunci oleh PopUp yang terus-menerus akan muncul dilayar sehingga Android anda tidak bisa digunakan. Jika anda sayang dengan Smartphone Android anda, mungkin cara terbaik adalah dengan mengurangi kunjungan anda ke situs-situs ilegal yang tidak disarankan untuk dikunjungi.

 

3. Shedun, Shuanet dan ShiftBug

Virus ini di sebut-sebut sebagai virus yang paling berbahaya karena jika perangkat Android anda sudah terinveksi, maka Android anda tidak bisa digunakan lagi, memungkinkan anda untuk membeli Smartphone yang baru. Virus ini biasanya ditemukan pada toko aplikasi pihak ketiga setelah terinstall. virus jenis malware ini akan me-root perangkat anda kemudian menanamkan (embed) diri mereka ke system-level services dan mengubah bentuknya menjadi sah atau melegitimasi dirinya didalam aplikasi populer seperti Facebook, Candy Crush, Twitter, Snapchat, WhatsApp, dan lainnya. Hal inilah yang sedang booming akhir-akhir ini, maka berhati-hatilah jika hendak menginstall sebuah Aplikasi pada perangkat Android anda.

4. Android PowerOffHijack

Pengguna Android pasti sering mengalami hal seperti ini, Android anda tiba-tiba mati padahal baterai masih penuh dan tidak mengalami kerusakan? Ini adalah salah satu cara kerja pada jenis Virus berbahaya ini. Namun yang perlu anda ketahui, saat Smartphone dalam keadaan mati inilah sesungguhnya serangan virus PowerOffHijack sedang bekerja. Virus ini akan mengakses layanan telepon, SMS, hingga mengakses kamera Smartphone Anda.

5. Stagefright

malware-microsoft.jpg

Virus inilah yang tercatat sebagai sebuah malware yang baru-baru ini mampu menggegerkan jagat raya, karena virus berbahaya ini telah merugikan lebih dari 1 miliar pengguna smartphone Android, terutama smartphone Android LG, Samsung, dan Google Nexus. Setelah sebuah perangkat berbasis Android terinfeksi virus ini, bahaya yang ditimbulkan sangat berdampak buruk bagi para penggunanya. Betapa tidak, serangan virus ini mampu mengakses perangkat Android tanpa sepengetahuan pemiliknya, mengakses file-file pada perangkat Android dan digunakan untuk kepentingan pihak ketiga. Cara kerjanya adalah dengan menanamkan bug untuk menyebarkan malware ke dalam file multimedia seperti foto, viedo dan Mp3. Sangat berbahaya jika Perangkat Android anda terkena serangan virus yang satu ini, terutama bagi anda yang hobi menyimpan file multimedia seperti foto, video dan Mp3.

6. Obad

Virus inilah satu-satunya program jahat yang pernah merepotkan antivirus raksasa dunia yaitu Kaspersky, bahkan sampai saai ini kaspessky belum bisa memberantas virus ini dengan sempurna. Virus ini sempat dibeberkan merepotkan pengguna karena virus ini akan menggerogoti pulsa dan android anda sering mengalami hang. Biasanya virus ini menginfeksi dengan cara menyuruh penggunanya untuk  mendownload aplikasi diweb tertentu. Setelah aplikasi terinstal virus ini mulai menginveksi android anda.

7. Hippsoms

Pengguna pasti kesel dan geram saat mendapat sms berbayar, padahal pengguna tidak merasa mendaftar berlangganan sms berbayar atau menerima pemberitahuan dari provider kartu anda bahwa paket berlangganan data telah aktif padahal anda tidak pernah merasa membeli paket yang begitu mahal. Ini adalah cara kerjanya virus ini mengambil alih sistem sms di android kamu. Virus ini dinobatkan sebagai virus paling bandel di dunia, karena sangat merugikan penggunanya.

8. Drsheep

Jika Perangkat Android anda telah terinfeksi virus ini maka bersiap-siaplah akun media sosial seperti Facebook, Twitter dan linkedin anda segera dibajak oleh pihak ketiga. Berbahaya bukan? nama lain dari virus ini adalah HackTool.AndroidOS.DroidSheep.A  yang dikabarkan telah berhasil membajak ribuan akun pengguna Facebook. Berhati-hatilah dengan virus ini jika akun media sosial anda ingin aman.

9. DroidDream

Bagi yang suka game harus berhati-hati dalam mendownload aplikasi game karena virus ini menginveksi lewat applikasi game. virus ini akan mengontrol dari jarak jauh dan akan mengambil data sistem android kamu. Jadi jika anda seseorang yang gemar mendownload aplikasi selain di googleplay, maka mulai sekarang saatnya untuk menghentikan hal tersebut karena banyak program jahat mengintai Smartphone Android saat anda mendownload dan menginstall program yang didownload.

10. Battery-A

android-battery-draining-apps-709x381.jp

Baterai android kamu cepat boros? Mungkin ini adalah salah penyebab utamanya, tanpa kita ketahui virus ini menggerogoti dan mengkorupsi sistem baterai android anda yang secara otomatis menjadi boros padahal sudah memasang aplikasi penghemat baterai dan mendapat laporan dari applikasi bahwa baterai anda hemat, tapi kenyataanya boros. Virus inilah yang membuat baterai android kamu semakin tekor dan memang virus ini menginveksi lewat applikasi penghemat baterai.

Nah itulah beberapa virus yang dapat menggerogoti sistem android anda. Maka berhati-hatilah karena pihak yang tidak bertanggung jawab dapat merusak sistem android dan merugikan kita.

Advertisement