Hindari 10 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Handphone Anda Cepat Rusak

Tips By

Kehidupan kita setiap harinya atau mungkin setiap waktunya tidak mungkin dapat terlepas dari kebutuhan untuk berkomunikasi antara orang yang yang satu dengan orang yang lain. Salah satu alat komunikasi yang biasa digunakan oleh kita untuk melakukan sebuah komunikasi jarak jauh tidak lain adalah telepon genggam atau handphone. Ya, tidak bisa dipungkiri bawasanya Teknologi Handphone ini selalu mengalami kemajuan dari waktu ke waktu dan akan terus mengalami kemajuan bahkan memiliki fungsi lebih dari hanya sekedar kegunaan sesungguhnya yaitu untuk melakukan komunikasi semata. Pada era kemajuan teknologi saat ini, handphone yang mengadopsi teknologi yang canggih dan mutakhir disebut sebagai Smartphone.

Smartphone dibuat dan hadir sebagai generasi Handphone dengan tujuan untuk memenuhi serta memudahkan penggunanya dalam segala kebutuhan, khususnya dalam hal untuk berkomunikasi. Tidak hanya sebatas untuk melakukan panggilan telephon atau hanya sekedar mengirim pesan singkat saja, Smartphone juga dirancang agar dapat di gunakan untuk melakukan komunikasi melalui internet dan sejumlah aplikasi hiburan lainnya. Walaupun selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, namun dibalik kecanggihan dan kemodernannya,  fungsi atau fitur standar Smartphone tetap ada sama halnya seperti handphone yang masih menggunakan teknologi lama.

iPhone_4_with_parts.jpg

Terlepas dari hal tersebut, setiap pengguna smartphone memiliki cara tersendiri dan bahkan mungkin berbeda-beda dari pengguna satu dengan pengguna Smartphone lainnya dalam rangaka perawatan terhadap handphone atau Smartphone kesayangannya. Ada melakukan cara yang benar dalam merawatnya dan banyak juga yang melakukan hal yang salah dalam perawatnyanya dan dianggap benar. Jika hal yang salah tersebut sudah menjadi suatu kebiasaan sehari-hari dalam pemakaian atau perawatan Smartphonenya, maka bisa jadi smartphone kesayangan anda tidak memiliki umur yang panjang, bahkan bisa jadi mengalami kerusakan dini. Namun jangan khawatir, dalam kesempatan ini kami akan membahas tentang hal-hal atau kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna Smartphone yang justru dapat merusak barang elektronik pintar ini.

1. Mencharge Handphone Semalaman Penuh

article_94104026_5charger.jpg

Kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari biasanya kita mencharge handphone sebelum  tidur malam  sampe pagi. Tanpa kita sadari padahal ini bisa merusak sistem perangkat komponen handphone itu sendiri, karena terlalu lama dicharge. Padahal normalnya, melakukan pengisian ulang baterai hanya dibutuhkan waktu 1 sampe 2 jam saja. Yang lebih parah lagi arus listrik yang masuk karena terus-terusan dicharger bisa membakar komponen yg ada didalam perangkat terutama ic power. Kejadian ini biasanya handphone akan selalu ngedrop meski baru saja dicharge penuh, hal ini terjadi karena efek ic power yang sudah terbakar karena terlalu lama saat mecharge.

2. Menggunakan Handphone Ketika Sedang diCharge

Ini merupakan hal yang paling berbahaya, karena efek penggunaan ini sangat tidak efektif. Sering kita dengar berita di televisi tentang seseorang yang tewas karena menggunakan hanphone saat mecharge. Salah satunya adalah karena ada arus yang masuk pada perangkat yang bebarengan dengan sistem yang  bekerja pada perangkat sehingga terjadi hubungan gelombang elektromagnetik yang menyebabkan hubungan arus pendek yang bisa membuat handphone meledak. Itu adalah efek jangka pendeknya, sedangkan efek panjangnya adalah merusak sistem komponem handphone dan cara kerja sistem handphone itu sendiri biasanya akan ngehang.

3.  Selalu Menyalakan Bluetooth, Wifi dan GPS

Kadang tanpa kita sadari fitur-fitur ini selalu dalam  keadaan menyala padahal memang tidak lagi digunakan. Kejadian seperti ini turut ikut andil dalam perlakuan yang merusak, selain mempercepat pemakaian daya baterai, hal ini juga akan menggangu sistem yang dapat menyebabkan virus masuk.

4. Menggunakan Handphone Sampai Daya Baterai Terkuras Habis

leaving-your-phone-charging-2-1500x1000.

Banyak orang yang menggunakan handphonenya sampai baterainya bener-bener habis total. Dalam jangka panjang jika terjadi seperti ini  akan mempercepat umur penggunaan handphone. Dalam handphone itu sendiri sudah ada informasi penggunaan baterai tapi kadang kita masih membiarkan saja sampe baterai habis total dan akhirnya handphone mati. Padahal cukup jelas ada peringatan pemakain baterai, dari baterai tinggal 25% sampai 15 % selalu ada pemberitahuan. Batas pemakain wajar sebenarnya antara 15% handphone memang sudah harus dicharge. Kejadian seperti ini cukup menyita umur penggunaan handphone.

5. Menggunakan Handphone Ditempat Yang Memiliki Suhu Tinggi

5623515-old-mobile-phone-model-is-broken

Kegiataan diluar ruanganpun biasanya handphone jtidak pernah lepas. Dalam kondisi ini handphone sangat riskan dalam suhu tinggi terutama panas apalagi kalau dibawah terik matahari yang panas. Handphone sangat riskan  pada suhu tinggi apalagi kalau layarnya menggunakan touchscreen akan berpengaruh tinggi. Dalam penggunaan handphone sendiri jika digunakan sudah pasti panas, apalagi kalau pemakainya di bawah terik matahari langsung suhu bisa mencapa 10°C hingga sampe 20°C yang akan merusak perangkat handphone itu sendiri jika terlalu lama.

6. Mengunakan Charge Handphone Yang Bukan Aslinya

Input dan output charge handphone terkadang berbeda-beda, dari merknya saja pasti udah keliahatan apalagi kalau bukan orinya. Kemudian jari jack charger sendiri juga berbeda ukuranya ada yang panjang dan yang pendek biarpun sama-sama masuk. Yang perlu diperhatikan adalah input dan outnya karena semakin tinggi daya semakin besar pula arus yang masuk dan akan merusak komponen yang ada dihandphone karena tak sesuai dengan daya tampung baterai itu sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan baca juga artikel yang menjelaskan tentang Mengenal Input Dan Output Pada Charge Handphone.

Mengenal Input dan Output Pada Charge Handphone
Mengenal Input dan Output Pada Charge Handphone
Mengenal Input dan Output Pada Charge Handphone
Mengenal Input dan Output Pada Charge Handphone

7. Penggunaan Aksesoris Berlebihan

Melindungi handphone atau smartphone kesayangan memang perlu, tp kalau efek jangka panjangnya akan memepercepat umur pemakain handphone tentu akan membuat orang berfikir dua kali. Salah satunya adalah penggunaan capdase, flipcover dan silicon yang terlalau berlebihan. Sebelum menggunakan aksesoris seperti itu sebaiknya kita pilih dan perhatikaan baik-baik terutama bahanya. Penggunaan normal sendiri saja sudah panas apalgi kalau tertutup, sebut saja tertutup oleh silicon pasti akan semakin awet panas. Hal ini juga akan mempercepat umur pemakain handphone.

8. Meletakan Handphone Didekat Alat Elektronik

Meletakan handphone berdekatan dengan benda  elektronik lain yang mempunyai tegangan tinggi ini akan berpengaruh besar,  karena disitu akan terjadi perambatan gelombang elektromagnetik yang akan merusak handphone anda. Pasti kita sering menaruh hp diatas kulkas, PC, meletakanya disamping televisi dan masih banyak lagi. Benda yang mempunyai tegangan tinggi akan berpengaruh besar terhadap handphone terutama sistemnya.

9. Tidak Pernah Mematikan Handphone

Penggunaan handphone yang berlebihan akan cepat merusak perangkat handphone itu sendiri. Contohnya penggunaan yang terus menerus tanpa ada hentinya sampai handphone mati sendiri kehabisan baterai. Ini biasanya terjadi pada pengguna yang suka main game. Karena saking asyiknya sampe lupa  kalau handphone juga perlu istirahat bukan hanya pemakainya saja yang istirahat. Sebaiknya kita sering mematikan handphone atau merestartnya secara berkala, karena ini baik untuk umur pemakaiaan handphone itu sendiri selain menghentikan sistem yang bekerja, hal ini juga akan membuat handphone menjadi fresh lagi.

10. Tidak Pernah Membersihkan Handphone

Perawatan hp memang sangat perlu di lakuakan agar handphone tetap bersih dari kotoran sehingga tidak merusak komponen, karena kita pasti sering mengantongi handphone. Disinilah biasanya ada benda yang menempel pada speaker bahkan juga masuk lubang yang ada dihandphone. Sebaiknya kita sering melakukan pembersihan pada handphone agar tetep awet umur penggunaanya.

Hal-hal di atas merupakan suatu kebiasaan yang umum dilakukan oleh para pengguna handphone atau smartphone yang justru bisa berdampak pada berkurangnya umur penggunaan dari Handphone itu sendiri. Oleh karenanya, jika ingin handphone ataupun  smartphone anda tetap memiliki umur penggunaan yang panjang, hindarilah hal-hal yang telah diuraikan diatas. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Advertisement