Cara Agar Tetap Bisa Telephone, SMS dan Internetan Dengan Lancar Saat Lebaran Tanpa Gangguan

Tips By

Siapa sih yang gak pengin mudik atau pulang kampung, inilah yang terjadi ketika akan menjelang lebaran. Semua orang mudik ke kampung halaman, tak heran jika terjadi lonjakan pemudik di stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan. Lonjakan pemudik seperti ini setiap tahunya sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa. Hal seperti ini juga sama halnya dengan jaringan komunikasi yang mengalami lonjakan signifikan dari hari biasa yang membuat overload. Kejadian seperti ini biasanya terjadi ketika menjelang akan lebaran tepatnya malam takbir hingga lebaran atau jam 12 sebelum takbiran sampi lebaran. Di jam seperti itu biasanya kita sering mengalami overload ,gagal sms, jaringan sibuk, jaringan susah, tetapi kalau sudah lebaran lewat sudah biasa lagi. Walaupun pemerintah biasanya telah menghimbau kepada seluruh operator untuk me­ning­kat­kan kapasitas jaringannya guna mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi saat Lebaran maupun sesudahnya, namun hal ini tetap saja terjadi dari tahun ke tahun. ini diakibatkan tingkat kepadatan penggunaan fasilitas te­lekomunikasi, baik pesan sing­kat (SMS) maupun panggilan suara (voice call) saat Lebaran biasanya sangat tinggi.

Dari banyaknya pengguna yang menggunakan ponselnya saat lebaran baik untuk sms ucapan selamat, melakukan panggilan, sosmed dan internet sehingga wajar saja disini akan terjadi lonjakan  trafic yang signifikan jadi sudah pasti banyak gangguan (kalau bisa bicara, jaringan mungkin akan bicara saya pusing banyak banget yang menggunakanku).  Untuk antisipasi hal seperti ini terjadi,kami akan memberikan tips untuk mengatasi agar  kita tetap bisa menggunakan ponsel kita saat lebaran tanpa gangguan.

1. Jangan Mengirim SMS Secara Masal

Jika kita ingin mengirim  sms ucapan selamat, jangan lakukan sms secara bersamaan/broadcast ke semua kontak. Karena biasanya akan gagal tetapi lakukan secara bertahap. Kemudian isi sms singkat jangan terlalu panjang. File yang dikirim dikompres sekecil mungkin agar saat pengiriman tidak lemot dan gagal

2. Pilih Operator Yang Memiliki Kualitas Bagus

Pilihlah jaringan operator yang bagus,karena belajar dari pengalaman pada saat lebaran jaringan operator akan memperbaiki sistem kinerjanya  sebagai antisipasi terjadinya lonjakan trafic penggunaan jaringan yang membuat overload.

3. Pilih Tempat Yang Strategis

Tempat yang strategis adalah pilihan yang cocok. Strategis disini maksudnya signal kuat.

4. Jangan Mengaktifkan Aplikasi-Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Maksudnya disini adalah jangan membiarkan aplikasi yang memakan data internet terlalu lama, ini akan memperlambat penggunaan sinyal untuk melakukan panggilan ataupun SMS.

5. Gunakan Paket Data Sesuai Kebutuhan

Untuk penggunaan data sebaiknya jangan lakukan di saat malam takbiran  sampe lebaran karena si jam-jam seperti ini banyak orang yang menggunakan jaringan internet.

Demikian tips dari kami semoga bermanfaat dan bisa lebaran tanpa gangguan apapun, selamat hari raya idul fitri 1437 H

Advertisement