Bitcoin akan Menghasilkan Emisi Nol Bersih pada Tahun 2024


Spesifikasi.co.id – Bitcoin konsisten dengan bekerja keras untuk mengurangi CO₂. Menurut perhitungannya sendiri, ini akan mencapai batas emisi nol bersih paling lambat bulan Desember 2024 jika perkembangan saat ini berlanjut.

Emisi nol bersih Bitcoin

Proses konsensus PoW yang kompleks dan sangat intensif energi saat menambang (mining) Bitcoin, yaitu melanjutkan blockchain dan mengamankan transaksi lebih lanjut, adalah topik perdebatan yang konstan. Oleh karena itu, penambangan Bitcoin dilarang di sejumlah negara atau larangan terkait yang sedang dipertimbangkan secara terbuka.

Untuk beberapa waktu saat ini, ada banyak penambang Bitcoin yang telah menggunakan listrik dari sumber energi terbarukan dan alternatif. Ini memiliki dampak positif, setidaknya dalam hal jejak CO₂. Jejak karbon penambangan Bitcoin telah menurun selama bertahun-tahun.

Sementara tingkat penambangan Bitcoin CO₂-netral masih berkisar di 41% pada bulan Maret 2021, nilainya kini telah meningkat menjadi sekitar 62,4%. Pada bulan Maret tahun 2023, tanda 72 persen harus dipecahkan. Pada bulan Desember 2024, batas emisi nol bersih CO₂ ditargetkan akan mencapai 100%.

“Jika ini menjadi bagian dari sistem keuangan dengan cara apa pun yang berguna, sangat penting untuk mengembangkannya dengan rasa tanggung jawab dan meminimalkan emisi secara komprehensif […] Ketika berbicara tentang aset digital, itu harus hemat iklim dan energi,” Costa Samaras, Asisten Senior di Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih.

Pencarian energi yang paling hemat saat mining Bitcoin

Penambang Bitcoin sebenarnya sudah mencari cara paling hemat dan termurah untuk menghasilkan energi atau listrik dari upaya mereka sendiri untuk memaksimalkan keuntungan.

Produksi energi yang efisien atau hemat biaya sering kali memanfaatkan energi limbah, seperti yang muncul secara operasional melalui penggunaan gas dari produksi atau pemurnian gas alam, yang mana sebelumnya hanya dibakar dengan sia-sia. Ini juga bisa menggunakan biogas yang diproduksi di pabrik pengolahan limbah selama pemrosesan biologis kotoran, yang dahulu sering dibakar begitu saja.

Mengapa biogas yang dihasilkan di instalasi pengolahan limbah kebanyakan dibakar tanpa digunakan? Itu karena menjadi cara paling murah untuk membuang biogas yang dihasilkan.

  • Jika Anda hanya membuang biogas ke lingkungan, Anda akan memasukkan sejumlah besar CO₂ dan metana ke lingkungan dan dengan demikian ke atmosfer.
  • Untuk memasok biogas ke jaringan pipa gas sebagai bahan bakar, itu harus diperkaya dengan kemurnian gas metana 95%. Ini bernilai terlalu mahal sehingga tidak menguntungkan secara ekonomi.
  • Agar dapat menggunakan biogas untuk pemanasan melalui pemanasan distrik, pabrik pengolahan limbah mesti dekat dengan bangunan tempat tinggal karena mengangkut panas melalui jarak yang lebih jauh menjadi tidak efektif.

Penggunaan biogas yang paling efektif adalah produksi listrik menggunakan mesin pembakaran internal atau turbin gas. Idealnya, listrik yang dihasilkan juga harus dikonsumsi di sekitar instalasi pengolahan limbah karena transportasi jarak jauh mengakibatkan kerugian transportasi. Di sinilah peran mining Bitcoin dibutuhkan karena komputer yang menghitung rantai blockchain tidak peduli dengan polusi bau dari pabrik pengolahan limbah.

Cara Bitcoin mencapai batas emisi nol bersih

Nilai emisi nol bersih secara teoritis dapat dicapai dengan menggunakan rumus khusus dalam perhitungan. Dalam istilah praktis murni, produksi energi CO₂-netral sangat sulit dicapai. Bahkan, ketika energi matahari atau angin dimanfaatkan, CO₂ dihasilkan hanya semata-mata oleh produksi tata surya atau turbin angin CO₂.

Strategi yang digunakan yaitu dengan biogas untuk menghasilkan listrik karena metana yang terkandung dalam biogas memiliki efek rumah kaca, yaitu 84 kali lebih tinggi daripada CO₂. Jika terlepas ke atmosfer, pembakaran metana menghitung nilai CO₂ negatif.

Karena metana yang dibakar tidak lepas ke atmosfer, atmosfer tercemar dengan lebih sedikit gas rumah kaca. Dengan logika ini, upaya membakar metana tampak lebih baik daripada melepaskan metana ke atmosfer. Oleh karena itu, pembakaran metana dihitung dengan nilai CO₂ negatif. Akibatnya, pembakaran biogas dengan kandungan metana yang tinggi mengakibatkan penghitungan jejak CO₂ negatif. Miner Bitcoin memanfaatkan perhitungan statistik ini untuk mencapai batas emisi nol bersih.



Source link

Leave a Comment