Kisah Inspiratif Jack Ma Pendiri Alibaba


Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Hangzhou, Cina. Saat ini, nama aslinya adalah Mayun. Jack memiliki seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan. Dia dibesarkan di Partai Komunis China selama periode pertumbuhan yang cepat. Ia kini menjadi pria sukses, namun ternyata ia terlahir di keluarga dengan ekonomi lemah. Orang tuanya adalah musisi tradisional dan pendongeng dari daerah tersebut. Ayahnya juga menerima pensiun bulanan sebesar Rs 500.000 per bulan. Ia juga berusaha membantu orang tuanya melalui pekerjaan. Jack menjadi tertarik untuk belajar bahasa Inggris pada usia 12 tahun. Ini membuatnya menjadi pemandu ke sebuah hotel di Hangzhou pada saat itu. Karyanya selama itu membuat Jack lebih berpengetahuan daripada anak-anak lain seusianya. Bahkan dia mudah berurusan dengan turis yang datang.

Latar Pendidikan

Menurut Jack, pendidikan adalah kunci sukses. Maka tidak heran jika ia tetap ngotot mendapatkan pendidikan yang diinginkannya. Setelah lulus SMA, Jack ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ternyata usahanya terhenti karena dua kali ditolak di universitas yang diinginkannya. Namun, dia gigih dan ingin belajar untuk mendapatkan hasil yang dia harapkan. Pada upaya ketiga, Jack diterima di Institut Guru Hangzhou. Ia diterima di program studi bahasa Inggris. Setelah beberapa tahun kuliah, ia lulus pada tahun 1988. Setelah itu, dia mulai meminta lebih banyak pekerjaan.

Perjalanan Karir

Setelah lulus kuliah, Jack kesulitan mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya. Kisah Jack Ma dapat memberi Anda pelajaran. Jack melamar pekerjaan di restoran Kentucky Fried Chicken setempat, tetapi dari sekian banyak pelamar, hanya dia yang ditolak KFC. Ini tidak mengecewakannya. Ia pun mencoba melamar ke berbagai perusahaan lain namun tidak mendapatkan hasil yang baik. Tak lama kemudian, Jack memutuskan untuk menjadi guru bahasa Inggris dengan cara terbaik. Tentu saja dia bisa mengajar dan banyak siswa yang menyukainya. Dalam sebulan, Jack hanya menerima $12 dari tempatnya mengajar saat itu. Pada tahun 1992, ia mencoba melamar pekerjaan lain dan akhirnya diterima sebagai sekretaris jenderal di sebuah toko Kentucky Fried Chicken. Dari pekerjaan itu, Jack mulai belajar tentang komputer dan internet. Pada tahun 1994, Jack mulai tertarik menggunakan internet. Saat itu ia melakukan pencarian pertamanya di Internet dengan kata kunci “bir”. Dia terkejut ketika mendapat informasi yang beragam dari hasil pencarian karena tidak ada satupun yang berasal dari China. Jack semakin penasaran, jadi dia mulai mencari informasi umum tentang China. Hasilnya sama saja, saat itu tidak menerima apapun dari internet. Dengan ini, Jack dan rekannya He Yibing telah membuat situs web sederhana untuk layanan terjemahan bahasa Mandarin. Banyak email datang tak lama setelah situs diterbitkan dan membantunya membangun situs.

Perjalanan Bisnis Jack Ma pada Alibaba Group

Bisnis Jack Ma berawal dari dimulainya Jack membuat situs tentang jasa penerjemahan Bahasa Mandarin kala itu. Bahkan ada investor yang membantunya untuk mengembangkan situs yang dibuatnya.

1. Awal berdirinya Alibaba Group

Empat tahun kemudian, pada tahun 1999, Jack memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan bernama Alibaba Group. Perusahaan ini menyediakan layanan terjemahan bahasa Mandarin tidak hanya di situs webnya tetapi di berbagai daerah. Bahkan saat ini, Alibaba Group telah tumbuh menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China. Bagaimana? Situs ini sangat berguna bagi eksportir China untuk terhubung dengan pembeli di luar negeri.

2. Perkembangan Alibaba Group

Dengan perkembangannya, Alibaba dapat menarik investor yang ingin berinvestasi di perusahaan ini. Itu sebabnya Alibaba tumbuh lebih cepat, berkat upaya Jack dan rekan-rekannya. Pada Oktober 1999 dan Januari 2000, Alibaba menerima investasi $25 juta dari Softbank dan Goldman Sachs. Hal ini memungkinkan Alibaba untuk terus berkembang pesat. Alibaba akhirnya mendapat untung tiga tahun kemudian. Jack tidak pernah bahagia. Ia juga ingin mengembangkan sistem e-commerce dengan mendirikan Alipay, Taobao, Marketplace, Lynx dan AliMama pada tahun 2003. Alibaba yang berkembang pesat membuat perusahaan eBay ingin membelinya, namun Jack menolak. Dia bahkan menerima investasi $ 1 miliar dari salah satu pendiri Yahoo Jerry Yang. 2005, Yahoo! Sebagai portal internet dari Amerika Serikat, saya membeli saham di Alibaba lebih dari 40%. Tentu saja, dengan perkembangan Alibaba, Jack Ma secara bertahap mendapatkan banyak keuntungan. Menurut Forbes, inilah yang menjadikan Jack salah satu orang terkaya di dunia. Pada tahun 2014, Alibaba terdaftar sebagai salah satu IPO teratas dalam sejarah keuangan AS. Ini setara dengan $25 miliar. Selain kesuksesan Alibaba Group, Jack telah diundang dari banyak tempat di berbagai negara untuk memberikan saran guna membantu kesuksesan bisnis tersebut.

3. Pencapaian Jack Ma

Sejak berdirinya Alibaba Group, Jack telah berhasil menjadi miliarder nomor satu di China. Per Juni 2020, kekayaan bersih Jack adalah $52 miliar atau Rp7,6 miliar. Selain itu, Jack juga merupakan Managing Director Alibaba Group dengan sembilan anak perusahaan utama Alibaba.com, Tmall, eTao, Taobao Marketplace, Juhuasuan, Alibaba Cloud Computing, 1688.com, Alipay dan AliExpress. Mencapai kesuksesan sebagai pengusaha, Jack memutuskan untuk mundur dari posisinya di Alibaba Group pada Oktober 2020. Ia mengaku melalui yayasannya ia ingin fokus menekuni dunia filantropi. Sebagai seorang pengusaha, Jack Ma adalah salah satu sosok inspiratif yang dapat memotivasi Anda untuk terus berkembang dan berkembang dalam menjalankan bisnis. Dari kisah hidup Jack, sang kapten juga dapat belajar bahwa kesuksesan bukanlah sesuatu yang hanya bisa diraih oleh orang kaya, seperti yang telah dibuktikan Jack melalui kesuksesan bisnisnya. Untuk itu, Anda bisa meniru sikap kerja keras dan gigih Jack dalam berbisnis. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi BukuWarung untuk mengelola keuangan perusahaan Anda. Program ini memudahkan Anda untuk mengontrol keseimbangan dengan tangan Anda. Ayo, unduh aplikasinya sekarang melalui play store atau kunjungi situs kami dari tautan di bawah ini!



Source link

Leave a Comment